Indahnya Pesona Pulau Weh

Indahnya Pesona Pulau Weh



SIAPA YANG CINTA KEINDAHAN MAKA DIA AKAN TERSESAT DALAM KEINDAHAN ALAM DI PULAU WEH. Begitulah yang kupikirkan saat aku mencoba menulis mengenai wisata bahari yang ada di Pulau Weh. Sungguh, jujur, aku juga baru mengetahui Pulau Weh itu karena ada lomba wisata bahari yang diadakan Dinas Pariwisata Aceh untuk mengenalkan potensi bahari di Pulau Weh.


Beberapa tahun lalu, satu per satu potensi wisata bahari terungkap di permukaan, mulai dari keindahan alam bawah laut Pulau Derawan di Kalimantan Timur, Raja empat, Pulau Wakatobi dan masih beberapa lagi. Sekarang Pulau Weh.

Ketertarikanku pada wisata di Pulau Weh ini, untuk kantong tipis sepertiku bisa menikmatin. Karena harga tiketnya tidak semahal pergi ke Raja empat. Plus, disini juga ada tempat penginapan murah yang bisa dijangkau. Selain itu perlengkapan diving dan snorkeling harganya relatif bisa dijangkau bila dibanding di Bali. Semuanya sepandan untuk menikmati wisata di Pulau kecil ini.

Bahkan aku ingin menuangkan semua yang ada dalam benakku tetapi sayang keterbatasan tempat dan kuota character di blog. Nah, akhirnya tiga blog yang aku turut sertakan yakni Diary Citra, Holiday yuk dan Citra Pandiangan. Terkesan maruk ya? Padahal enggak lho. Itu sangking aku terpesonanya pada pulau weh. Mudahan, ada rejeki dan dalam keadaan sehat selalu. Aku ingin tersesat dalam keindahan pulau weh. Koq tersesat, maksud kata tersesat menikmatin spot-spot yang belum diketahui orang lain. Mungkin disana masih tersimpan pemandangan yang bikin decak kagum.

Namun, pertama wajib lancar dulu berkendara motornya. Pasalnya jalan disana berlika-liku plus sepi banget. Soalnya penduduk di Pulau Weh ini tidak banyak. Lha ukuran pulaunya saja tidak terlalu besar. Namun, bisa dipastikan kamu tidak akan mau pulang-pulang. Satu hal yang ingin kunikmatin di Pulau Rubiah, pantai iboih, pantai gapang dan yang membuatku ingin menetap lama di salah satu resort yang bisa melihat keindahan pantai anoi. Keren kan.

Sekilas Info: Banda Aceh menyimpan banyak keindahan alam, salah satunya di kota Sabang, Pulau Weh. Namanya memang belum familiar tetapi jangan salah Pulau Weh ini sudah ada sejak lama dan sudah banyak wisatawan asing berkunjung ke Pulau Weh. Pulau Weh itu luasnya hanya  156,3 km², tetapi memiliki banyak pegunungan. Puncak tertinggi pulau ini adalah sebuah gunung berapi fumarolik dengan tinggi 617 meter (2024 kaki). Dari segi geografis, wilayah Kota Sabang berada pada 95°13'02"-95°22'36" BT, dan 05°46'28"-05°54'-28" LU dan berbatasan langsung dengan negara tetangga yaitu Malaysia, Thailand, dan India. Plus wilayah Kota Sabang dikelilingi Selat Malaka di Utara, Samudera Hindia di Selatan, Selat Malaka di Timur dan Samudera Hindia di Barat.

Nah untuk membaca tulisanku mengenai wisata itu bisa intip disini